Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 

Pendidikan merupakan faktor yang mendasar dalam membentuk karakter bangsa.  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.  UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 8 mensyaratkan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Hal ini menunjang amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.  Oleh karena itu program studi S1 PGSD UNUSA menawarkan pendidikan untuk menghasilkan calon tenaga pendidik yang kreatif, inovatif , professional dan berkarakter Islami.

Semangat dan keberhasilan masyarakat dunia dalam menyejahterakan pendidik dapat menjadi inspirasi dan refleksi bagi pembangunan pendidik diIndonesia. Komitmen untuk memperluas akses pendidik yang bermutu merupakan tugas mulia yang harus segera direalisasikan. Kompetensi dan kualifikasi akademik tenaga pendidik sangat menentukan keberhasilan dari peningkatan mutu Pendidikan Guru Sekolah Dasar itu sendiri sesuai dengan arah kebijakan pemerintah yang tertuang dalam undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan kompetensi guru.

Sejalan dengan tuntutan kualifikasi tersebut di atas, maka pada tahun 2013 ini, STIKES YARSIS merubah  status menjadi Universitas Nahdlatul Ulama  Surabaya. Prodi PGSD merupakan prodi yang mendapat izin penyelenggaraan dari Dikti berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no.265/E/O/2013 tentang izin perubahan bentuk STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) pada Tanggal 05 Februari 2021 PGSD UNUSA mempunyai ciri khas yang berbeda dengan prodi PGSD lainnya yakni memiliki fasilitas berbagai Lab yang digunakan sebagai wadah mahasiswa serta dosen untuk merealisasikan pendidikan sesuai dengan kebutuhan zaman digital saat ini, salah satunya Lab Microteaching dan Lab Virtual IT 

 

 S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

"Menjadi Penyelenggara Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dalam penguasaan
IPTEKS, berjiwa wirausaha dan berjati diri islam"

1. Melaksanakan program pendidikan jenjang S1 PGSD yang menghasilkan lulusan yang
memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan, berwawasan kewirausahaan, dan berjati diri
Islami.
2. Melaksanakan penelitian dan inovasi di berbagai bidang keilmuan bidang pendidikan ke-SD-an melalui pemberdayaan sivitas akademika dan mitra kerja.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di berbagai bidang atau disiplin ilmu ke-SD-an
melalui penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan produk-produk inovatif demi
pemberdayaan masyarakat.
4. Membangun jejaring kerjasama dengan pihak eksternal baik lokal (stakeholders),
nasional, regional maupun internasional, yang diarahkan bagi pengembangan pendidikan
ke-SD-an.
5. Melaksanakan manajemen yang profesional dalam pengelolaan program studi pendidikan
guru sekolah dasar dengan mengaktualisasikan nilai-nilai Islami

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan, berwawasan
kewirausahaan, dan berjati diri Islami.
2. Menghasilkan luaran penelitian, dan inovasi di berbagai bidang ilmu pendidikan ke-SDan yang berkualitas melalui penerapan kaidah keilmuan dan mengamodasi kemajuan ilmu
dan teknologi
3. Menghasilkan luaran pengabdian kepada masyarakat khususnya untuk meningkatkan
mutu Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
4. Terwujudnya jaringan kerja dan hubungan baik dengan pihak eksternal baik secara lokal,
nasional, regional maupun internasional.
5. Terbangunnya sistem manajemen yang profesional yang selalu mencerminkan nilai –
nilai Islami.

Profil Lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNUSA

Lulusan Prodi PGSD sebagai tenaga pendidik jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang baik dan bertanggung jawab, berjati diri Islami.

Lulusan Prodi PGSD sebagai peneliti pemula/asisten peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar dengan berpedoman pada nilai-nilai Islami.

Lulusan Prodi PGSD sebagai praktisi dan konsultan pendidikan yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina ekstrakurikuler, bertanggungjawab dan memahami etika profesi dengan baik di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar.

Akreditasi Unggul

Sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 385/SK/LAMDIK/Ak/S/X/2022 Tahun 2022 Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar mendapatkan akreditasi.

~ BAN-PT

Dokumen – dokumen 

SOP Tata Pamong

SOP Monitoring dan Evaluasi Rencana Strategis

SOP Layanan Kesehatan

SOP Bimbingan Konseling

SOP Keuangan

Panduan Kurikulum

Buku SOP Akademik

Sistem Penjaminan Mutu

Capaian Pembelajaran dan Profil Lulusan

Peraturan Akademik dan Kemahasiswaan

Pedoman Pelaksanaan PBM

Pedoman Kebijakan Mutu FKIP

Pedoman Kebijakan Mutu PGSD

Pedoman Pelaksanaan Microteaching

Sarana dan Prasarana Pembelajaran

Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir