Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Salah satu prodi yang ada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya adalah Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Prodi S1 PBI Unusa mendapat ijin penyelenggaraan dari DIKTI sejak tahun 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 265/E/O/2013 tanggal 2 Juli 2013 seiring dengan perubahan STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) namun prodi ini mulai beroperasional sejak tahun 2016.

Berdirinya prodi S1 PBI FKIP Unusa ini juga didasari oleh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 42 ayat (1) bahwa pendidik (guru) harus memiliki kualifikasi minimum S1 (D4) dan sertifikasi sesuai jenjang kewenangan mengajar yaitu mengajar bidang ilmu sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Adanya undang-undang tersebut dijelaskan lebih lanjut pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Prodi S1 PBI FKIP Unusa memiliki ciri khas yang membedakan dengan prodi S1 PBI yang lain yaitu adanya mata kuliah English for Specific Purposes di bidang kesehatan yang menunjukkan kekhasan dari Unusa yang berbasis kesehatan.

Gelar yang akan didapatkan oleh lulusan Prodi S1 PBI adalah Sarjana Pendidikan (S. Pd.). Prodi S1 PBI ini merupakan prodi yang sangat prospektif dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu guru-guru bahasa Inggris. Disamping itu, prodi ini merupakan prodi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user. Adanya prodi ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang kebutuhan terhadap guru-guru yang mengajarkan bahasa Inggris di sekolah dasar dan menengah. Dengan kondisi tersebut, prodi S1 PBI Unusa akan menyiapkan lulusannya menjadi tenaga pendidik bahasa Inggris yang profesional, unggul, menguasai IPTEKS dalam pembelajaran bahasa Inggris, berjiwa wirausaha di bidang bahasa Inggris dan berjati diri Islami.

Menjadi program studi yang terkemuka dan unggul dalam melaksanakan pendidikan bahasa Inggris di wilayah ASEAN, berjiwa wirausaha serta berjati diri Islami

Untuk mencapai visi akademik dan tujuan yang telah dirumuskan, disusun strategi sebagai berikut.

No. Sasaran/Tujuan Strategi yang ditempuh
1.

Menghasilkan lulusan calon guru yang memiliki kemampuan intelektual, berwawasan kewirausahaan, dan berjati diri Islami, serta mampu berkolaborasi dan berkompetisi di wilayah ASEAN.

 

Menyediakan mata kuliah Kewirausahaan dan Englishpreneurship yang berfokus pada usaha di bidang Pendidikan Bahasa Inggris
Melaksanakan pendidikan akademik dengan profesional
Memfasilitasi mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan inkubator bisnis
Memfasilitasi mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
Menyediakan mata kuliah Microteaching, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Teaching English for Foreign Language, Teaching English for Young Learners (TEYL), Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Blended Learning and Digital Technology in Education, Manajemen Data, Logika dan Metode Berpikir Kritis, English for Specific Purposes (ESP), English for Academic Purposes (EAP), English for Occupational Purposes (EOP), Translation, Subtitling and Entrepreneurship, dan Translation on Documents untuk meningkatkan kemampuan pedagogik dalam Pendidikan bahasa Inggris.
Menyediakan mata kuliah Artikel dan Publikasi ilmiah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penulisan artikel dan publikasi ilmiah
Menjalin kerjasama lebih luas dengan berbagai pihak baik untuk pendidikan dan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris di wilayah ASEAN
2. Terwujudnya good study program governance dengan organisasi dan tata kelola yang profesional, bermutu, serta berjati diri Islami. Mengadakan monitoring dan evaluasi secara rutin per semester di program studi terkait akademik.
3. Terwujudnya budaya Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di tingkat program studi dan lingkungan masyarakat

Menyediakan mata kuliah Aswaja untuk membudayakan jiwa ahlusunah wal jamaah dan Pendidikan dalam Islam.

 

 

  1. Menghasilkan lulusan calon guru yang memiliki kemampuan intelektual, berwawasan kewirausahaan, dan berjati diri Islami, serta mampu berkolaborasi dan berkompetisi di wilayah ASEAN.
  2. Terwujudnya good study program governance dengan organisasi dan tata kelola yang profesional, bermutu, serta berjati diri Islami.
  3. Terwujudnya budaya Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di tingkat program studi dan lingkungan masyarakat.
  1. Tersedianya mata kuliah tertentu yaitu:
    • Blended Learning and Digital Technology in Education dan Instructional Design and TPACK yang menjadi keunggulan di bidang IPTEKS,
    • Kewirausahaan, Subtitling and Entrepreneurship dan English Preneurship yang menjadi keunggulan di bidang Kewirausahaan,
    • Agama, Pendidikan dalam Islam dan Aswaja untuk mewujudkan jati diri islami.
  2. Adanya kegiatan istighosah, doa bersama dan tausiyah yang dilakukan secara rutin setiap hari Kamis jam 15.30-16.30.
  3. Adanya kegiatan membaca ayat-ayat al-Qur’an ketika membuka e-sorogan dan sistem informasi manajemen saat memulai aktivitas perkuliahan.

1. Tenaga pendidik (educators) atau pengajar bahasa Inggris di lembaga pendidikan formal dan informal
2. Wirausahawan/wati (entrepreneurs) dalam bidang pendidikan bahasa Inggris
3. Juru bahasa (translators/interpreters)

B

Sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 184/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2019Tahun 2019 Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan akreditasi.
~ BAN-PT