S1 Gizi

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Salah satu prodi yang ada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya adalah Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Prodi S1 PBI Unusa mendapat ijin penyelenggaraan dari DIKTI sejak tahun 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 265/E/O/2013 tanggal 2 Juli 2013 seiring dengan perubahan STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) namun prodi ini mulai beroperasional sejak tahun 2016.

Berdirinya prodi S1 PBI FKIP Unusa ini juga didasari oleh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 42 ayat (1) bahwa pendidik (guru) harus memiliki kualifikasi minimum S1 (D4) dan sertifikasi sesuai jenjang kewenangan mengajar yaitu mengajar bidang ilmu sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Adanya undang-undang tersebut dijelaskan lebih lanjut pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Prodi S1 PBI FKIP Unusa memiliki ciri khas yang membedakan dengan prodi S1 PBI yang lain yaitu adanya mata kuliah English for Specific Purposes di bidang kesehatan yang menunjukkan kekhasan dari Unusa yang berbasis kesehatan.

Gelar yang akan didapatkan oleh lulusan Prodi S1 PBI adalah Sarjana Pendidikan (S. Pd.). Prodi S1 PBI ini merupakan prodi yang sangat prospektif dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu guru-guru bahasa Inggris. Disamping itu, prodi ini merupakan prodi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user. Adanya prodi ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang kebutuhan terhadap guru-guru yang mengajarkan bahasa Inggris di sekolah dasar dan menengah. Dengan kondisi tersebut, prodi S1 PBI Unusa akan menyiapkan lulusannya menjadi tenaga pendidik bahasa Inggris yang profesional, unggul, menguasai IPTEKS dalam pembelajaran bahasa Inggris, berjiwa wirausaha di bidang bahasa Inggris dan berjati diri Islami.

“Menjadi Program Studi yang Mencetak Tenaga Pendidik Bahasa Inggris yang Profesional, Unggul, Menguasai IPTEKS dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, Berjiwa Wirausaha di Bidang Bahasa Inggris dan Berjati Diri Islami di Tingkat Lokal pada Tahun 2020, di Tingkat Nasional Tahun 2025, dan di Tingkat Internasional Tahun 2030.”

  1. Melaksanakan program pendidikan prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan sumber daya dan atmosfer yang kompetitif untuk menghasilkan calon pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial yang berlandaskan kaidah islami, berwawasan IPTEKS, dan berjiwa wirausaha.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi IPTEKS.
  3. Melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan manajemen yang profesional untuk meningkatkan pengelolaan program studi dengan mengaktualisasikan nilai-nilai islami.
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholderbaik dalam maupun dengan luar negeri untuk menghasilkan lulusan pendidik bahasa Inggris yang berkualitas dan berjati diri Islami yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia pendidikan.
  1. Keunggulan dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris adalah :

    1. Dengan adanya mata kuliah ESP (English for Specific Purposes) yang mengarah pada bidang kesehatan, calon lulusan mampu mengaplikasikan bidang kesehatan dalam bentuk pengajaran bahasa Inggris.
    2. Dengan adanya mata kuliah English Correspondence, calon lulusan mampu bekerja di berbagai macam jenis lembaga atau perusahaan baik di dalam maupun luar negeri.
    3. Dengan adanya mata kuliah Translation dan Interpretation, selaindapat bekerja di berbagai jenis lembaga atau perusahaan baik di dalam maupun luar negeri, calon lulusan mampu membuka usaha sendiri dengan cara mengalihbahasakan suatu kalimat dalam bentuk lisan maupun tulisan.
    4. Dengan adanya mata kuliah Entrepreneurship, calon lulusan mampu membuka usaha sendiri, misalnya lembaga kursus bahasa Inggris.
    5. Prodi S1 pendidikan Bahasa Inggris yang bernaung di bawah FKIP sudah  menjalin kerjasama dengan Merlion School dalam hal tri dharma perguruan tinggi dan direncanakan lulusan terbaik prodi tersebut akan direkrut oleh institusi tersebut.
    6. Direncanakan Prodi S1 pendidikan Bahasa Inggris akan menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga kursus bahasa Inggris Kampong Inggris Pare, perhotelan, instansi pemerintah maupun swasta.
  1. Tenaga pengajar di semua jenjang pendidikan
    2. Entrepreneur / Pengelola / Owner Kursus Bahasa Inggris

    3. Penerjemah profesional

    4. Wartawan dan Editor

    5. Sastrawan dan penulis buku

    6. Bekerja di kantor Pemerintahan/Kementerian Indonesia, seperti: Kementrian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, dll.

    7. MC (Master of Ceremony)

    8. Tour Guide

    9. Staf Kedutaan

Akreditasi B

Sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 184/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2019 Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan akreditasi.

~ Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKES)