Pada tanggal 07 Juli 2024, Fakulti Pengkajian Bahasa dan Pengkajian Insan (FBI) Universiti Malaysia Kelantan (UMK) sukses mengadakan kegiatan sharing session yang berfokus pada pengenalan model pembelajaran inovatif. Acara yang dihadiri oleh 22 dosen dari fakultas tersebut merupakan bagian dari upaya pengembangan kapasitas pengajar dalam menerapkan metode pembelajaran baru yang lebih efektif dan menarik, khususnya dalam memanfaatkan teknologi media pembelajaran flipbook. Sasaran Kegiatan dan Tujuan Sasaran utama kegiatan ini adalah para dosen yang mengajar di FBI UMK, dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan panduan serta pemahaman yang lebih mendalam mengenai penggunaan media digital sebagai alat bantu pengajaran.

Flipbook, sebagai media interaktif, memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran yang lebih kreatif dan partisipatif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa. Dalam acara yang bertajuk “Sharing Session Introduction of Innovative Learning Models with the Help of Flipbook Media to Increase Students’ Creativity”, para peserta mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih jauh model pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para dosen agar lebih terbuka terhadap inovasi teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang diperkenalkan adalah pemanfaatan media flipbook, sebuah alat visual interaktif yang dapat memfasilitasi pembelajaran secara menarik dan dinamis.

Proses Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan sharing session berlangsung selama satu hari penuh, dibuka oleh ketua Fakulti Pengkajian Bahasa dan Pengkajian Insan UMK, yang memberikan sambutan hangat serta menekankan pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan. Beliau menyampaikan bahwa model pembelajaran konvensional sudah tidak cukup memadai untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi tantangan global, oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam proses belajar-mengajar perlu terus ditingkatkan. Selama sesi, narasumber dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), yang memiliki pengalaman luas dalam pengembangan media pembelajaran digital, memberikan paparan tentang pengembangan dan implementasi media flipbook dalam pembelajaran. Mereka menunjukkan bagaimana media ini dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa, terutama dalam mendorong kreativitas dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi yang disampaikan. Peserta mendapatkan kesempatan untuk melakukan simulasi dan praktek langsung dalam merancang flipbook sederhana yang dapat digunakan di kelas.

Aktivitas ini tidak hanya membantu dosen memahami cara kerja alat tersebut, tetapi juga memberikan pengalaman langsung tentang bagaimana media ini dapat meningkatkan keterlibatan dan interaksi mahasiswa dalam proses belajar. Materi yang Disampaikan Dalam kegiatan tersebut, berbagai konsep inovatif terkait dengan model pembelajaran berbasis teknologi diperkenalkan. Salah satu fokus utama adalah pentingnya menggunakan media yang tidak hanya menarik perhatian mahasiswa, tetapi juga dapat memacu kreativitas mereka. Flipbook dinilai memiliki kelebihan dalam hal ini karena kemampuannya menyajikan materi secara visual dan interaktif. Dosen-dosen di FBI UMK belajar bagaimana memanfaatkan flipbook sebagai alat bantu yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi secara langsung dengan konten, menjelajahi materi, serta mengembangkan pemahaman mereka sendiri.

Melalui kegiatan sharing session yang dilakukan oleh Dr. Nafiah, M.Pd Bersama dosen FBI UMK berkomitmen untuk terus mengembangkan kapasitas pengajarnya dalam menggunakan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran.

Dr. Nafiah, M.Pd