Program Studi S2 Pendidikan Dasar
Menjadi program studi penyelenggara program pendidikan jenjang magister bidang pendidikan dasar yang PERFECT (Profesional, Entrepreneur, Rahmatan lil Alamin, Focus, Empowering, Creative, dan Talented)
- Profesional bermakna: Civitas akademika dan lulusan UNUSA memiliki kepandaian khusus untuk menjalankan profesinya
- Entrepreneur bermakna: Civitas akademika dan lulusan UNUSA berjiwa wirausaha, berbakat, dan pandai dalam manajemen usaha
- Rahmatan lil Alamin bermakna: Civitas akademika dan lulusan UNUSA mampu menjadi penyejuk dan pengayom bagi kehidupan
- Focus bermakna: Civitas akademi dan lulusan UNUSA mampu memusatkan perhatian terhadap setiap kondisi yang dihadapi
- Empowering, bermakna: Civitas akademika dan lulusan UNUSA mampu menjadi motivator lingkungan sekitar atau membuat orang lain percaya diri
- Creative, bermakna: Civitas akademika dan lulusan UNUSA mampu memberikan gagasan atau ide baru dalam menyelesaikan masalah.
- Talented, bermakna: Civitas akademika dan lulusan UNUSA mempunyai kemampuan dalam mengembangkan diri
Dengan demikian, akan terwujud nilai utama di dalam visi PT/UPPS yaitu Terkemuka, Unggul, Berjiwa Wirausaha, dan Berjati diri Islami
- Menghasilkan magister bidang pendidikan dasar yang PERFECT (Profesional, Entrepreneur, Rahmatan lil Alamin, Focus, Empowering, Creative, dan Talented) yang Mampu mengkaji secara kritis teori tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan kurikulum serta pembelajaran di bidang pendidikan dasar yang efektif, adaptif, inklusif, dan kolaboratif.
- Menghasilkan magister bidang pendidikan dasar yang Mampu memberi pertimbangan dan/atau pendampingan pengembangan kelembagaan di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidisipliner berdasarkan hasil pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, inklusif, adaptif, dan kolaboratif
- Menghasilkan Magister bidang Pendidikan Dasar yang Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan/atau seni melalui penelitian tesis dengan pendekatan inter atau multidisipliner berbasis penyelesaian masalah melalui penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan dasar bagi masyarakat dan mempublikasikannya dalam bentuk karya ilmiah, teknologi, inovasi, dan/atau model-model inovatif praktik pedagogik pendidikan anak-anak muda usia yang bermanfaat di dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan dasar.
- Terlaksananya berbagai program hilirisasi hasil penelitian tesis mahasiswa untuk pemberdayaan masyarakat
Berikut ini adalah Deskripsi Profil Lulusan S2 Pendidikan Dasar Unusa.
- Pendidik (dosen) bidang pendidikan dasar yang mampu mengembangkan inovasi pembelajaran kreatif terintegrasi pengembangan karakter yang dilandasi nilai-nilai Islam Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) dan sekaligus melaksanakannya di dalam pembelajaran di kelas
- Peneliti yang mampu melaksanakan penelitian mandiri maupun kolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan dasar melalui pendekatan inter dan/atau multidisiplin serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran kreatif terintegrasi pengembangan karakter yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan.
- Konsultan pendidikan dasar yang mampu memberikan konsultasi dalam bidang penelitian dan pengembangan kurikulum, pembelajaran, kebijakan, dan tata kelola.
- Praktisi pendidikan dasar (guru, pengawas, kepala sekolah, dan pengelola sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini) yang mampu menerapkan dan mengembangkan inovasi pembelajaran kreatif terintegrasi pengembangan karakter, manajemen, dan pengelolaan pendidikan.
