S1 Pendidikan Guru PAUD

Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini

 

Pendidikan merupakan faktor yang mendasar dalam membentuk karakter bangsa.  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.  UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 8 mensyaratkan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Hal ini menunjang amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.  Pasal 9  menjelaskan bahwa kualifikasi guru PAUD adalah lulusan Diploma IV (D4) atau lulusan Sarjana (S1). Oleh karena itu program studi S1 PGPAUD UNUSA menawarkan pendidikan untuk menghasilkan calon tenaga pendidik yang kreatif, inovatif , professional dan berkarakter Islami.

Semangat dan keberhasilan masyarakat dunia dalam membangun PAUD dapat menjadi inspirasi dan refleksi bagi pembangunan PAUD di Indonesia. Komitmen untuk memperluas akses PAUD yang bermutu merupakan pekerjaan mendesak yang harus segera direalisasikan. Tahun 2012 merupakan tonggak permulaan penguatan tekad untuk membangun PAUD yang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat hingga wilayah tertinggal, terpencil, dan berbatasan dengan negara lain.

Kompetensi dan kualifikasi akademik tenaga pendidik sangat menentukan keberhasilan dari peningkatan mutu PAUD itu sendiri sesuai dengan arah kebijakan pemerintah yang tertuang dalam undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan kompetensi guru.

Sejalan dengan tuntutan kualifikasi tersebut di atas, maka pada tahun 2013 ini, STIKES YARSIS merubah  status menjadi Universitas Nahdlatul Ulama  Surabaya.  Prodi PGPAUD merupakan prodi yang mendapat izin penyelenggaraan dari Dikti berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no.265/E/O/2013 tentang izin perubahan bentuk STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) pada Tanggal 02 Juli 2013 mempunyai ciri khas  yang berbeda dengan prodi PGPAUD lainnya yaitu pelatihan pembekalan penanganan (terapi) AUD terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, yang ditunjang dengan beberapa mata kuliah terkait, antara lain ABK, Bimbingan Konseling AUD, Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK), Psikologi Perkembangan, dan Kesehatan dan Gizi AUD yang menunjukkan ciri khas dari PGPAUD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang berbasis kesehatan

 

“Menjadi program studi yang terkemuka, dan unggul dalam melaksanakan pendidikan anak usia dini  di wilayah ASEAN, berjiwa wirausaha serta berjati diri Islami”.

  1. Melaksanakan pendidikan di bidang PAUD yang menghasilkan pendidik yang profesional, berkepribadian, berjiwa wirausaha dan berkarakter Islami.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan anak usia dini untuk menciptakan inovasi dan pengembangan Ipteks dalam bidang PAUD.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya menerapkan inovasi untuk melayani pendidikan anak usia dini di masyarakat.
  4. Melaksanakan sistem manajemen prodi yang profesional dalampengelolaan program studi berdasarkan nilai-nlai Islami.
  5. Melaksanakan kerjasama dengan stakeholders secara lokal, nasional, maupun internasional

 

  1. Menghasilkan lulusan calon guru yang memiliki kemampuan intelektual, profesional, berwawasan kewirausahaan, dan berjati diri Islami, serta mampu berkolaborasi dan berkompetisi di tingkat Asia Tenggara.
  2. Terwujudnya good study program governance dengan organisasi dan tata kelola yang profesional, bermutu, serta berjati diri Islami.
  3. Terwujudnya budaya Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah di tingkat program studi dan lingkungan masyarakat

Profil Lulusan

1. Menguasai keilmuan pendidikan anak usia dini

2. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi perkembangan di lembaga PAUD

3. Mampu bekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pada anak usia dini

4. Memiliki kepribadian luhur dan karakter yang kuat dan cerdas sebagai pendidik anak usia dini

5. Mampu menyelenggaran kegiatan pengembangan yang mendidik dan mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

  1. 1. Mampu mengembangkan kurikulum untuk layanan pendidikan anak usia dini

    2. Mampu beradaptasi di seluruh wilayah Indonesia dengan keberagamannya

    3. Mampu meningkatkan kesadaran dan kualitas penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di masyarakat

  1. 1. Mampu melakukan kajian, penelitian atau mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian atau karyanya

    2. Mampu mengembangakan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada anak usia dini berbasis penelitian dan pengembangan

    3. Mampu merencanakan, melaksanakan, mempublikasikan dan memanfaatkan hasil penelitian

Memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship berbasis ke PAUDan

Unggul

Sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 595/SK/LAMDIK/Ak/S/VI/2023Tahun 2023 Program Studi S1 Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini mendapatkan akreditasi.
~ BAN-PT